Inilah Makanan Khas Bangka Belitung Yang Paling Dicari Wisatawan

Inilah Makanan Khas Bangka Belitung Yang Paling Dicari Wisatawan – Saat anda berkunjung ke Bangka Belitung, tentu anda akan mencari jenis makanan atau oleh oleh apa yang paling sering dicari dan diburu para wisatawan untuk dicoba, sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan khas bangka belitung yang bisa anda coba saat berada di Provinsi yang terkenal dengan negeri laskar pelangi tersebut. Berikut beberapa yang makanan khas Bangka Belitung yang paling dicari wisatawan :

1. Martabak Bangka

Jenis cemilan yang satu ini mungkin tidak asing lagi bagi anda, karena banyak juga di jumpai di daerah lain di luar pulau Bangka dan Belitung. Namun mencobanya langsung ketika anda berada di Bangka Belitung akan memberikan rasa tersendiri lho, karena bisa jadi Martabak Bangka yang anda jumpai di daerah lain tidaklah 100 persen bumbu dan racikannya betul betul khas bangka belitung. Nah, saat berada disini anda patut mencobanya langsung dan dijamin asli. Berikut juga kami sampaikan alamat alamat pedagang martabak bangka.

 

Martabak Khas Bangka

 

 

 

2. Pantiau / Kwetiau Bangka

Provinsi Bangka Belitung dikenal dengan kekayaan lautnya yang melimpah, wajar saja jika mayoritas makanannya banyak berbahan dasar ikan. Seperti halnya, jenis makanan satu ini, berbahan dasar bumbu ikan yang sudah dihancurkan dan olahan terigu, Pantiau seringkali menjadi santapan sarapan di pagi hari bagi mayoritas penduduk lokal. Pantiau Belinyu salah satu yang dikenal lezat rasanya. Wajib dicoba jika anda berada di daerah Belinyu.

 

3. Siput Gonggong

Siput Gonggong ini banyak didapati di perairan Bangka, jenis siput laut ini semakin lezat setelah diolah menjadi kering dan banyak didapati di pasar pasar di Pangkalpinang, Belinyu, Sungailiat, Koba dan Toboali. Harganya pun cukup mahal jika diolah menjadi kering sekitar Rp. 150.000,- s/d Rp. 300.000,- /kg untuk kelas super. Rasanya yang khas, garing, sedikit asin dan berbau harum tidak amis. Jenis oleh oleh ini dapat anda jumpai di toko oleh oleh di Bangka Belitung.

Siput Gonggong

Bagi anda yang ingin berburu siput gonggong yang masih fresh langsung dari laut, anda dapat pergi ke Kota Belinyu tepatnya di pantai Tanjung Putat, disana anda akan jumpai nelayan yang menjual siput gonggong ini, dengan harga yang terjangkau Rp. 25.000,- per 100 buah siput. Disarankan anda datang pada jam 14.00 ke atas agar tidak kehabisan. Pantai Tanjung Putat dapat anda kunjungi dengan google map di bawah ini :

 

4. Kricu (Telor Cumi).

Anda mungkin sudah biasa ataupun pernah makan cumi. Namun pernahkah anda mencicipi telor cumi? Ya, di Bangka Belitung anda akan temui oleh oleh yang terbuat dari telor cumi. Kripik cumi alias yang lebih kerap disebut pula dengan nama Kricu, yakni hidangan ringan yang dibuat dari telur cumi. Telur cumi yang telah dibersihkan dicampur dengan tepung untuk membuat adonan Kricu. Kemudian adonan dipilin sepanjang dimensi jari orang dewasa. Setelah itu adonan yang telah dipilin dijemur sampai kering yang berikutnya di goreng jadi kripik dengan rasa telur cumi.

Kricu Telor Cumi

 

Untuk anda yang liburan ke wilayah Bangka jangan lupa dengan jajanan lezat serta gurih ini, sangat sesuai buat oleh- oleh keluarga tercinta.

5. Kemplang / Kerupuk Bangka.

Jenis oleh oleh yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan, bahkan jadi buah tangan yang wajib dibawa pulang. Kemplang adalah sejenis cemilan krupuk berbahan dasar laut, umumnya berbahan dasar ikan tenggiri. Namun banyak juga dijumpai saat ini berbahan dasar laut lainnya seperti rasa cumi dan kepiting.

Kemplang / Kerupuk Bangka

Oleh- oleh khas Bangka Belitung sebagian besar berbahan dasar hasil laut. Perihal ini tidak lepas karna letak Bangka terletak di pulau yang dikelilingi oleh lautan. Hasil laut yang populer karna kesegarannya itu dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk jadi hidangan yang dapat dinikmati oleh seluruh orang dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga panganan ini pula bisa populer sampai keluar pulau Bangka.

Inilah Makanan Khas Bangka Belitung Yang Paling Dicari Wisatawan

6. Otak Otak

Jenis cemilan satu inipun tak boleh anda lewatkan bagi anda pecinta kuliner saat berada di bangka belitung, hampir diseluruh tempat jajajan khas bangka belitung selalu menyajikan jenis cemilan ini. Sensasi kelezatannya makin terasa bila dipadukan dengan cuka tauco, cuka terasi bangka, juga cuka jeruk kunci dan cabai.

Inilah Makanan Khas Bangka Belitung Yang Paling Dicari Wisatawan

 

Otak Otak Khas Bangka

Hidangan ini berupa adonan ikan tenggiri dan ikan parang parang pada umumnya dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar.

7. Kepiting Isi Khas Belitung

Tak jauh berbeda dengan Pulau Bangka, makanan khas Belitung pun didominasi berbahan hasil  laut. Salah satu kuliner yang jadi kesukaan wisatawan yang berkunjung ke pulau Belitung yaitu Kepiting Isi yang merupakan daging kepiting yang telah dicampur beberapa bumbu daun bawang, lada putih, bawang putih dan telur yang dimasukkan kembali kedalam cangkang kepiting lalu digoreng. Sangat direkomendasikan bila anda berkunjung ke Belitung, pastinya anda akan ketagihan.

 

Baca juga : Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu!

8. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung Bangka Belitung ini ialah masakan khas Bangka Belitung yang berbahan dasar ikan serta diracik dengan bumbu pilihan dengan resep asli khas Bangka Belitung menjadikan sambal lingkung begitu nikmat  disetiap kegiatan makan anda.

Abon, di Kepulauan Bangka Belitung diketahui dengan istilah Sambalingkung. Bila abon yang biasa Anda makan dibuat dari olahan daging sapi, Sambalingkung sedikit berbeda. Daging ikannya begitu terasa, begitu pula rasa asin serta gurihnya. Rasa Sambalingkung ini terbentuk dari perpaduan daging ikan pilihan yang masih fresh dengan santan kelapa dan bumbu pula bumbu rahasia lainnya.

9. Terasi / Belacan

Bangka Belitung populer dengan terasinya yang nikmat. Terbuat dari udang rebon yang segar, terasi Bangka memiliki karakteristik aroma tajam serta rasa gurih yang jelas terasa. Adalah Toboali, daerah di Kabupaten Bangka Selatan yang populer dengan produsen terasi.

Untuk membuatnya, udang segar hasil tangkapan nelayan langsung dijemur sebentar. Lalu kemudian udang ditumbuk dan dicampur garam, hasil tumbukannya diendapkan selama satu hari kemudian dijemur kembali dan ditumbuk halus sebelum dilakukan pengemasan.

 

Terasi Toboali inipun menjadi incaran wisatawan asing asal Prancis dan Jepang. Beberapa produsennya bahkan sudah mengekspor hasil olahannya ke pasar Mancanegara. Anda dapat memperoleh terasi / belacan ini di toko toko oleh oleh khas Bangka Belitung.

10. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak khas Bangka ialah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar buah cempedak. Lempok merupakan dodol yang mempunyai tekstur yang kenyal serta disajikan dengan rasa yang manis serta legit.

Lempok merupakan makanan asli Melayu, dalam perihal ini spesialnya Melayu bangka. Awal mulanya Melayu Bangka menggunakan metode pengawetan atas banyaknya hasil cempedak dikala panen. Sebab apabila cempedak yang banyak bila tidak diawetkan bakal membusuk serta terbuang percuma. Lewat proses pengawetan tersebut lahirlah Lempok Cempedak yang terkenal di Bangka Belitung sampai saat ini.

Lempok Cempedak Bangka

 

Lempok Cempedak ini merupakan Oleh- oleh khas Bangka Belitung( Babel) yang bergantung musim. Musim cempedak biasanya mulai dari bulan September sampai Desember.

 

Nah, bagi anda yang akan berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, beberapa jenis makanan atau cemilan diatas adalah Makanan Khas Bangka Belitung yang paling dicari wisatawan, Jangan sampai anda melewatkannya yaa..!

Anda juga dapat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN Tamansari yang menyajikan beragam jenis oleh oleh khas Bangka Belitung langsung dari owner produk tersebut, yang terletak di jantung kota Pangkalpinang yang beralamatkan di bawah ini :

 

Suasana Rumah Kreatif BUMN Tamansari Pangkalpinang : 

 

Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares This