Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu!

Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu – Sebagai salah satu Provinsi Kepulauan di Indonesia, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat terkenal dengan keindahan pantainya.  Dibalik itu, banyak hal hal unik yang banyak orang belum tahu. Nah, sebelum berkunjung ke Bangka Belitung, ataupun saat berada disini, berikut hal hal Unik yang harus anda ketahui, berikut informasinya :

 

1.Timah Bangka Belitung sebagai bahan baku Pembuatan SmartPhone yang anda miliki.

Timah Bangka Belitung

Tahukah anda bahwa Timah Bangka Belitung mempunyai peranan penting dalam industri smartphone dunia. Produsen Smart Phone Apple dan Samsung bahkan sempat mengutarakan ingin berinvetasi Timah di bangka Belitung guna mendapatkan timah secara legal. Timah Indonesia menyumbang 70% pangsa ekspor di dunia. Potensi Timah terbaik tersebut ada di Pulau bangka, pulau Belitung, pulau singkep, dan pulau karimun.

 

2. Batu Granit yang ada di Bangka Belitung menurut perkiraan berumur 65-200 juta tahun.

Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu

Batu Granit Bangka Belitung

Bila anda berkunjung ke bangka Belitung, di beberapa tempat di pantainya terutama di pulau Belitung, anda akan dapati bebatuan granit yang besar besar, yang diperkirakan umurnya mencapai 65-200 juta tahun. Kajian batu granit ini pernah di tulis oleh ketua program studi Geologi ITB Budi Brahmantyo, bahwa batu granit tersebut bagian dari batuan dasar Indonesia bagian barat yang disebut Batolit, yang juga tersebar di kepulauan riau dan hingga semenanjung Malaysia. Menurut penelitian, uniknya bongkahan besar bebatuan tersebut di awali dari pembekuan granit di bawah permukaan bumi pada kedalaman puluhan kilometer hasil dari pembekuan magma yang bersifat asam, yaitu dengan kandungan silika yang lebih tinggi dari 65%.

 

Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu!

3. Lada Putih Bangka Belitung di juluki sebagai “King of Spices” (Raja Rempah Rempah)

Lada Putih Bangka

Lada Putih Bangka Belitung disebut juga sebagai King Of Spices atau raja rempah rempah. Muntok White Pepper adalah sebutan lada putih bangka yang di sematkan oleh orang orang barat dahulu kala hingga saat ini, perburuan komoditas lada ini menjadikan bangka banyak didatangi para penjajah. Lada bangka sebagai pemasok 80% kebutuhan lada dunia. Bahkan pedasnya satu buah lada bangka setara dengan satu tangkai lada asal vietnam.

 

4. Bangka Belitung menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno di Muntok Bangka Barat.

Masyarakat kota Muntok patut berbangga, di kota inilah tempat para Pemimpin RI termasuk Bung Karno dan Bung Hatta dahulu diasingkan, berjarak 12 Km dari kota Muntok tepatnya di Bukit Menumbing pada tahun 1948 – 1949. Pesanggrahan Menumbing nama komplek vila ini awalnya tempat peristirahatan para pegawai perusahaan Timah Bank Tinwinning Bedriff  pada masa pemerintahan Belanda 1927 – 1930.

Sejak tanggal 22 Desember 1928 hingga 7 Juli 1949 tempat ini dijadikan rumah pengasingan para Pemimpin RI seperti Bung Karno, Bung Hatta, Pringgodigdo, Komodor Surya Darma, Assa’at, Ali Sastroamidjodjo, Moch Roem.

 

Pesanggrahan Menumbing

Moh Hatta dan rombongan di Pesanggrahan Menumbing, Muntok

Pesanggrahan Muntok

Begitu tiba di Bangka, Bung Karno diasingkan pertama kali di Pesanggrahan Menumbing ini sebelum pindah ke Pesanggrahan Muntok di Kota. Beberapa konsep konsep perundingan perjuangan kedaulatan banyak lahir di pesanggrahan Muntok ini. Ketika berada disini, anda akan jumpai banyak foto foto bung Karno dan para pemimpin RI lainnya terpajang disini, beberapa perabotan pun masih asli sejak dahulu Bung Karno diasingkan, tampak juga mobil BN 10 yang pernah digunakan Bung Hatta.

 

5. Telor Ayam berdiri saat perayaan Peh Cun Tradisi Masyarakat Tionghoa.

Telor Ayam berdiri saat perayaan Peh Cun

Di Bangka Belitung juga dikenal tradisi sembahyang Peh Cun oleh masyarakat Tionghoa seperti halnya daerah lain, yaitu sembahyang Peh Cun setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Cina. Terdapat keunikan telor ayam yang masih segar dapat didirikan tepat pada pukul 12.00 saat dimana waktu bumi dan matahari berada pada garis yang lurus sehingga gaya grafitasi tinggi, uniknya pada hari tersebut juga terjadi saat air laut mengalami puncak surut sejauh hingga 1 Km, biasanya pantai ramai dengan para pengunjung penduduk lokal.

 

6. Prasasti Kotakapur, Jejak Sejarah Prasasti Kerajaan Sriwijaya Pertama kali ditemukan di Pulau Bangka.

Prasasti Tiang Batu Bersurat

 

Cagar Budaya Situs Kota Kapur

Bagi anda penikmat sejarah, Tahukah anda? Bahwa, jejak Sejarah Prasasti Kerajaan Sriwijaya Pertama kali ditemukan di Pulau Bangka. Terletak di desa Kotakapur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Prasasti Kota Kapur merupakan prasasti tiang batu bersurat dalam bahasa Melayu Kuno, yang ditemukan di pesisir barat pulau Bangka tepatnya di desa kecil bernama Kotakapur. Adalah J.K. Van Der Meulen yang menemukan prasasti ini ketika bertugas  di distrik sungaiselan pada Desember 1892.

Merupakan peninggalan masa Sriwijaya, Prasasti ini memuat tentang semacam ancaman dan kutukan yang dibuat oleh Dapunta Hyang, seorang penguasa kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

 

7. Bangka Belitung memiliki 950 Pulau Besar dan Kecil

Sebagai Provinsi Kepulauan, Kepulauan Bangka Belitung sendiri berdasarkan data di DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Belitung) dan Kemendagri tahun 2018, Pulau Bangka dan Belitung memiliki sekitar 950 pulau besar dan kecil dengan rincian 470 pulau sudah bernama dan 51 pulau sudah berpenghuni. Pulau pulau tersebut tersebar di sepanjang kepulauan Bangka Belitung.

 

Itulah diantaranya beberapa hal unik dirangkum dari berbagai sumber yang banyak orang belum tahu di Bangka Belitung..Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares This