Durian Cumasi Bangka Rasanya Legit Harga Selangit

Durian Cumasi Bangka Rasanya Legit Harga Selangit – Saat musim hujan di penghujung tahun di Bangka Belitung, musim Durian pun tiba. Jualan durian akan banyak ditemui di pinggiran jalan jalan utama di Provinsi Bangka Belitung baik di Kota Kecamatan maupun di kabupaten. Selain dikenal dengan komoditas lada dan timah, durian asal Bangka Belitung pun mulai dikenal dan jadi incaran para maniak durian.

Ada banyak sekali jenis durian yang ditanam oleh penduduk lokal, namun saat musim durian tiba yang paling terkenal adalah Durian Cumasi. Penduduk  menyebutnya Durian Cumasi / Namlung / taibabi. Citarasa, tekstur dan harganya yang tinggi membuat durian ini menjadi satu satunya durian asal Bangka Belitung yang terdaftar di kementrian Pertanian sebagai durian Varietas Unggulan Nasional. Tak ayal Durian ini jadi perburuan manik durian, Durian Traveler tak ketingalan mencoba legitnya durian ini.

Durian Cumasi Bangka Rasanya Legit Harga Selangit

Bentuk Durian yang kecil dan rata rata hanya satu hingga dua biji saja dalam satu buah durian. Rasanya yang unik legit manis bercampur pahit membuat durian ini dihargai 250 ribu hingga 350 ribu per buah. Teksturnya lembut, tidak terlalu kuning, isinya tebal dan biji yang kecil. Rasa manis, pahit bercampur legit terasa dimulut begitu mencicipinya. Hal tersebut akan membuat disekitaran mulut terasa panas karena aromanya yang khas dan kuat.

Durian Cumasi Bangka Rasanya Legit Harga Selangit

 

Durian di Bangka Belitung memang sangat khas, dipanen secara alami dan segar dari hutan hutan liar dan perkebunan penduduk lokal. Sama halnya dengan Lada, Durian asal Bangka Belitung terkenal dengan kualitas super karena didukung oleh iklim dan tanahnya sehingga sangat aromatik ujar Juaidi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung.

Sebaran Durian hampir rata diseluruh Desa desa di Bangka Belitung. Khusus Durian Cumasi terdapat di Bangka Barat didesa Jebus, Parittiga, Simpangteritip dan Kelapa. Bangka Tengah juga dikenal banyak durian unggul tersebar di desa Mesuk dan Belimbing, Kota Kapur Kabupaten Bangka. Nangka dan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan.

Musim durian di Bangka Belitung banyak terjadi di penghujung tahun pada musim hujan bulan November hingga Februari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares This