23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis di Bangka Belitung

23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis di Bangka Belitung – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Belitung serta beberapa pulau kecil lainnya baik yang berpenghuni maupun tak berpenghuni. Ada sekitar 470 buah pulau yang bernama, dan 50 pulau yang sudah berpenghuni.

Sebagai Provinsi Kepulauan, tak ayal Bangka Belitung banyak di kelilingi pantai yang indah dan eksotis yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, domestik maupun mancanegera untuk menikmati pesona alam pantainya.

Berikut 23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis Khas Bangka Belitung yang wajib anda kunjungi :

Pulau Bangka

Pulau Bangka hanya berjarak 50 menit penerbangan dari Jakarta. Terletak di jalur Granit Asia Tenggara, sehingga di pantai-pantai nya yang berpasir putih dapat ditemukan granit granit raksasa.

1. Pulau Kelapan

Pulau ini jadi surganya para snorkeling dengan suguhan pesona alam bawah lautnya yang masih asri. Terumbu karangnya yang masih alami dan juga berbagai macam jenis ikan yang menghuni bebatuan karang semakin membuat mata para wisatawan takjub akan keindahan pesonanya.

Untuk menuju lokasi Pulau Kelapan ini, anda bisa menggunakan speedboat dari pelabuhan sadai di Toboali dan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Saat ini, Pulau Kelapan menjadi andalan Wisata Bawah Laut Pemkab Bangka Selatan.

Pulau Kelapan Toboali (Foto : Instagram)

2. Tanjung Kerasak Toboali

Masih di kota Toboali, Pantai Tanjung Kerasak yang terletak lebih kurang 20 Km dari kota Toboali, meruapakan pantai berpasir putih dan berair jernih dan tenang. Disekitar pantai, tumbuh hutan hutan alam yang lebat. Hamparan bebatuan disekitar pantai memperindah panorama pantai ini, terutama pada waktu air laut surut. Pantai ini ramai dikunjungi pada hari hari libur, utamanya hari Minggu.

Pantai Tanjung Kerasak Toboali

3. Pantai Tongaci

Terletak di Kabupaten Bangka, tepatnya di Kampung Pasir Sungailiat yang berjarak sekitar 8 Km dari Pusat Kota Sungailiat. Pantai ini menjadi pusat penangkaran penyu dari mulai bertelur hingga menetas dan dilepaskan kembali ke laut.

Pantai Tongaci Sungailiat

4. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri terlatak di Kampung Matras, Sinar Baru Sungailiat, kabupaten Bangka, sekitar 40 Km dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, ataui 1 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Bangka, dilengkapi dengan hotel resort dengan kamar kamar cottage.

Pantai Parai Tenggiri

5. Pantai Matras

Pantai Matras terletak di Kelurahan Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat ke arah Utara. Pantai ini mudah diakses karena fasilitas jalan yang baik, sehingga semua jenis kendaraan dapat memasuki lokasi pantai ini hingga ke bibir pantai.

Pantai Matras

Di sisi kanan Pantai Matras anda dapat berenang di aliran air dari bukit di seberang pantai matras..Aliran ini cukup besar mengalir ke tepi pantai. Pengunjung biasanya memanfaatkan aliran air ini untuk membilas diri.

Aliran Air di Pantai Matras

 

6. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi ialah pantai terdekat yang ada di kota Pangkalpinang. Terletak di kelurahan Air Itam, jarak pantai ini dari Bandara Depati Amir sekitar 7 Km. Dinamakan pasir padi, karena dari kejauhan pantai ini terlihat berwarna seperti padi yang dihamparkan.

Pantai Pasir Padi

Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh warga Pangkalpinang dan sekitarnya.

7. Pantai Pala

Pantai Pala terletak di dusun Pala, Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga Bangka Barat. Pantai ini salah satu pantai yang tersebar di sekitar Teluk Limau, dapat ditempuh selama 2.5 – 3 jam dari kota Pangkalpinang Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung dengan jarak 150 Km. Pantai Pala mudah diakses karena berada tidak jauh dari perkampungan penduduk.

Pantai Pala

Ada hal unik di dapati pada pantai ini, warna airnya berwarna merah pada titik pertemuan antara aliran air laut dan air sungai dari daratan. Tepatnya 100 meter sebelah kanan dari akses masuk pantai. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seprti berenang, snorkeling, dan memancing.

8. Pantai Siangau

Masih berlokasi di Dusun Teluk Limau kecamatan Parit 3 Kabupaten Bangka Barat, Pantai Siangau berjarak kurang lebih 150 kilometer dari Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Petualangan yang memerlukan waktu 2- 3 jam ini terbayar dengan keindahannya yang amat memanjakan mata. Laut yang biru bening berbaur dengan pasir putih dan tumbuhan kelapa yang berjajar apik jadi panorama alam utama sesudah kita memasuki area ini.

Pantai Siangau

Kehadiran laut- laut di Pulau Bangka tidak perlu diragukan lagi hal kecantikannya, dan Pantai Siangau menambahkan catatan panjang rekreasi bahari menawan tersebut Panorama alam pantai yang terlihat luas, gundukan batu- batu granit yang kadang diselingi batu granit lain yang besar menjulang. Air lautnya yang membiru lagi jernih, pohon- pohon kelapa yang menghampar di sejauh garis pantai serta terlihat dari kejauhan bukit- bukit hijau menghampar.Anda pastinya akan betah berlama lama berada di pantai ini.

9. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban terdapat di Kelurahan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka( Induk), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Secara geografis, posisinya tepat terletak di antara Tepi laut Parai Tenggiri yang telah dilengkapi dengan penginapan serta resort, serta Pantai Matras yang tidak lain merupakan pantai terpanjang di Pulau Bangka.

 

Sejenak, memanglah bukan terdapat perihal yang amat istimewa di pantai yang saat ini mulai marak oleh pengunjung ini. Turun Aban menyuguhkan panorama alam berbentuk pasir tepi laut putih yang berbaur dengan gundukan batu granit yang menjulang besar.

Dahulu, Pantai Turun Aban populer dengan julukan Pantai Teluk Limau. Bersamaan dengan papan julukan pantai yang terbuat oleh sekelompok mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi terkenal di Pulau Bangka yang melakukan program Kuliah Kegiatan Jelas( KKN), Turun Aban jadi julukan baru yang dikenal oleh pengunjung.

Pantai Turun Aban

Cuma aja, apabila dicermati dengan cara saksama, Pesisir laut Turun Aban pasti mempunyai karakteristik khasnya tertentu. Salah satunya merupakan gundukan batu granit dengan satu batang tumbuhan kecil di atasnya. Batu- batu bermotif legam ini berdiri gagah di tengah- tengah ceruk pesisir laut yang lebih menyamai teluk dalam dimensi kecil ini.

10. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai ini areanya tidak begitu jauh dari dermaga Dusun Kurau yaitu cuma ditempuh sepanjang 1. 5- 2 jam perjalanan Kapal nelayan. Namun bila melaksanakan perjalanan laut dari Kota Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat ditempuh lebih dari 2 jam.

Pulau Ketawai

Pulau Ketawai mempunyai Luas kurang lebih 30 Hektar serta pulau ini banyak ditanami tumbuhan kelapa, cengkeh serta tumbuhan lainya. Namun Ribuan Tumbuhan kelapa nyaris penuhi segenap pulau. Tidak heran apabila dikala kita berada dipulau ini banyak sekali buah kelapa yang berguguran serta tidak diambil pemiliknya.

Wisatawan bisa sewa perahu di Dusun Kurau tarifnya berkisar Rp 750. 000– Rp 900. 000 dicocokkan dengan durasi serta situasi liburan ataupun hari biasa. Pulau Ketawai sendiri telah dilengkapi dengan MCK jadi anda tidak perlu cemas kekurangan air. Terdapat banyak kamar kecil dipulau ini jadi anda dapat menikmati air segar sesudah snorkeling.

11. Pantai Penyusuk, Pulau Lampu dan Pulau Putri.

Satu lagi pantai yang berada di utara Pulau Bangka, Pantai Penyusuk dan Pulau Lampu. Terletak di desa Penyusuk Bukit Ketok, berjarak kurang lebih 25 Km dari kota Belinyu. Seperti halnya pantai lain di pulau Bangka, Pantai Penyusuk pun menyajikan hamparan pasir putih dengan bebatuan granit yang besar dan kecil.

Pantai Penyusuk memiliki dua sisi pantai, bagian Utara dengan ombak yang besar berhadapan langsung dengan laut Natuna dan bagian Barat dengan ombak yang lebih tenang karena terhalang oleh pulau pulau dihadapannya. Terdapat pemandangan beberapa pulau, yang paling terkenal adalah Pulau Lampu dan Pulau Putri.

Pantai Penyusuk Belinyu

Pulau Lampu sebuah pulau kecil yang bersebelahan dengan pulau putri. Di Pulau ini anda dapat menikmati indahnya terumbu karang langsung dari atas permukaan pantainya, namun tampak lebih indah lagi bila anda menaiki mercusuar yang terdapat pada pulau ini dan melihatnya dari atas, demikian dinamakan pulau lampu karena terdapat mercusuar untuk memandu kapal yang melewati perairan penyusuk dimalam hari.

Pulau Lampu Belinyu

Bagi anda yang memiliki hobi menyelam / diving disarankan untuk melakukannya di pulau lampu ini, karena hamparan terumbu karangnya sangat luas, beraneka ragam dan warna warni memanjakan mata. Anda cukup membayar 30.000,- untuk menyewa perahu milik nelayan yang tersedia di bibir pantai penyusuk menuju ke pulau ini.

Pulau Putri berada diseberang pantai penyusuk bersebelahan dengan pulau Lampu. Cukup membayar kurang lebih Rp. 20.000,- anda akan berada pulau ini. Beragam aktivitas dapat dilakukan dipulau ini, seperti berenang, snorkling, diving ataupun sekedar duduk diatas btu granit yang besar besar. Dipulau ini anda akan dapati informasi mengenai beragam jenis terumbu karang yang ada diperairan pulau tersebut, yang dikelola oleh sekelompok pemuda Belinyu pecinta alam bernama KOMPALA.

Pulau Putri Belinyu

23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis di Bangka Belitung

Pulau Belitung

Pulau Belitung sebagaimana Pulau Bangka, kaya dengan pemandangan indah dengan pantai berlaut tenang, pasir putih yang lembut dan formasi batu granit granit raksasa. Tanah kelahiran laskar pelangi ini menyimpan kekayaan budaya, sejarah serta keindahan hayati bawah laut. Pecinta fotografi menobatkan pulau penghasil kaolin ini sebagai surga fotografi.

Hampir seluruh pantai di pulau Belitung sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, perpaduan keindahan pantai dan bebatuan granit yang besar menjadikan pulau dan pantai di Belitung wisata terbaik dan eksotis yang tak boleh anda lewatkan.

12. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, 31 Km dari Tj. Pandan (sekitar 45 menit perjalanan mobil), adalah salah satu lokasi shooting Film Laskar Pelangi. Pasir Putih, laut landai dan ratusan granit raksasa menghiasi pantai. Menyelam, memancing, berjemur, bermain pasir dan menikmati kuliner Khas Belitung dapat dilakukan disini.

Pantai Tanjung Tinggi 

13. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendan berada di pusat kota Tanjungpandan, tidak jauh dari Museum Pemda Tk. II Belitung. Terdapat gedung gedung peninggalan jaman Kolonial Belanda yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana umum seperti rumah sakit maupun wisma Bougenville yang dikelola pemerintah provinsi. Gedung gedung tua di tepi pantai ini mengarah ke Barat. Dari pantai terlihat Pulau Kalamoa serta kapal kapal hilir mudik muara Sungai Cerucuk.

Pantai Tanjung Pendam

Sunset di Tanjung Pendam Belitung

Pantai Tanjung Pendam juga dikenal dengan sunsetnya yang indah, dan menjadi tempat favorit fotografer berburu sunset.

 

14. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu kawasan strategis pariwisata Nasional Indonesia, setiap tahun di pantai ini menjadi tempat singgah kapal kapal Yacht yang mengikuti Rally Sail Indonesia. Selain menjadi salah satu lokasi shooting film Laskar Pelangi, di pantai ini pula anda akan menjumpai tumpukan batu membentuk formasi kepala burung yang kemudian disebut dengan Batu Garuda. Batu inipun menjadi landmark pulau Belitung.

Pantai Tangjung Kelayang Belitung

 

15. Pantai Batu Berlayar

Dekat dengan Tanjung Kelayang, pantai batu berlayar adalah pulau kecil dengan gundukan pasir saat air surut. terdapat beberapa batu granit kecil dan besar hingga ketinggian 1o meter. Saat berkunjung kesini, anda dapat bersnorkling ria dengan spot terbaik disebelah barat pulau, serta berswa foto dengan latar bebatuan granit yang artistik.

Pantai Batu Berlayar

16. Pulau Lengkuas

Selama 30 menit, perjalanan dengan speedboat dari Tanjung Kelayang atau dari Tanjung Binga, berbagai formasi granit menghiasi laut ke Pulau Lengkuas. Dari mercusuar 16 lantai yang didirikan tahun 1882, keindahan kombinasi ratusan granit, pasir putih, air laut jernih dan pepohonan dapat dinikmati, selain bersnorkling dan mengamati kehidupan bawah laut yang indah.

Pulau Lengkuas Belitung

Baca juga : Fakta Unik Tentang Bangka Belitung yang Banyak Orang Belum Tahu!

23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis di Bangka Belitung

17. Pantai Punai

Pantai Pulau Punai merupakan pantai yang terletak paling ujung dibagian selatan Pulau Belitung, yaitu di Kecamatan Dendang, Belitung Timur. Letaknya kurang ;lebih 56 Km dari bandara atau 93 Km dari Tanjung Pandan. Pantai Punai memiliki karakteristik pantai berpasir dengan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisirnya serta sebaran batuan granit besar dan kecil. Dengan pantai ini, sungguh cocok untuk aktivitas renang, memancing dan snorkling.

Pantai Punai Belitung

18. Pantai Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu hanya berjarak 18 Km dari kota Tanjung Pandan, letaknya diatas bukit dengan akses jalan aspal yang mulus. Inilah panorama laut dari koridor restoran. Pada pagi hari banyak perahu perahu nelayan ditambatkan ditepi pantai sehingga menambah kecantikan pantai ini. Di pantai ini terdapat fasilitas menginap edngan pemandangan laut yang indah.

Pantai Bukit Berahu

19. Pulau Buku Limau

Pulau Buku Limau terletak Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Buku Limau merupakan suatu desa kepulauan yang terdiri dari 18 pulau pulau kecil. Desa ini banyak di huni oleh suku Bugis yang telah mendiami pulau tersebut sejak tahun 1950 an.

Pulau Buku Limau

Anda dapat melakukan aktivitas snorkling dan diving di pulau ini. Ada dua jenis terumbu karang yang mendominasi di perairan ini yakni : Cinola Sp dan Porites Lobata. Selain itu, Ikan ikan karang seperti ikan kerapu akan mudah anda temui. Hasil laut yang melimpah menjadikan area pemukiman penduduk tempat pengeringan ikan asin, anda akan melihat proses pembuatannya hingga siap dipasarkan.

20. Pulau Pasir

Pulau Pasir di Belitung ini bukanlah sebuah pulau seperti halnya pulau pada umumnya, melainkan daratan terbentuk dari gundukan pasir yang cukup besar ditengah laut. Namun, pulau ini hanya terlihat saat air surut saja. Menariknya, di pulau pasir ini anda dapat menjumpai binatang laut yakni bintang laut.

Pulau Pasir Belitung

Orang orang Belitung menyebut pulau ini dengan pulau Gosong. Para pengunjung tak melewatkan untuk berswa foto dengan biota laut saat berada disini, umumnya pulau ini terlihat saat musim kemarau pada bulan April – September.

21. Pulau Leebong

Seakan tiada habisnya, Pulau Pulau di Belitung menyuguhkan keindahan berbeda beda antara pulau satu dengan yang lainnya. Satu lagi pulau yang sedang hits di Belitung yakni Pulau Leebong. Terletak di Barat Daya Pulau Belitung, tepatnya di Pegantungan Kecamatan Badau. Memiliki luas 37 hektar dan berjarak 3 Km dari pesisir pantai Pulau Belitung.

Pulau Leebong Belitung

Rumah Pohon di Pulau Leebong Belitung

Indahnya pulau Leebong akan membius siapapun yang datang ke sini, pemandangan hutan mangrove di sepanjang sisi pelabuhan, rumah pohon yang dibuat menyatu dengan pohon berada di tengah pulau, adanya gazebo ditengah pulau, membuat anda serasa memiliki pulau pribadi.

22. Pulau Burung

Pulau Burung terletak di pantai Utara Belitung, dilepas pantai desa nelayan Tanjung Binga, Sijuk. di Pulau ini anda akan menjumpai bebatuan granit yang besar. Hal unik di pulau ini adalah, terdapat sebuah batu yang menyerupai kelamin pria, tepatnya disisi sebelah timur pulau. Beberapa waktu lalu, batu inipun heboh di media sosial karena keunikannya, yang bertepatan pula berada di pulau Burung / Burong.

Pulau Burung Belitung

23. Pulau Kepayang

Tak jauh dari pantai Tanjung Kelayang, sekitar 2 Km terdapat pulau Kepayang. Pulau ini juga sering disebut masyarakat lokal dengan pulau Babi, pemandangan menuju pulau ini akan membuat kita takjub dengan gugusan batu granit yang berdiri kokoh. Di pulau ini, anda dapat melakukan kegiatan Snorkling ataupun diving, warna warni terumbu karang dan ikan Napoleon yang langka itu, serta penyu sisik akan anda temui bila beruntung.

 

Rumah Makan di Pulau Kepayang Belitung

Pulau Kepayang Belitung

Destinasi eko wisata juga ditemui di pulau ini, terdapat penangkaran penyu sisik yang dijalankan oleh kelompok pecinta lingkungan, penginapan dan restoran yang menyediakan masakan khas Belitung tersedia disini.

Demikianlah, 23 Wisata Pantai Terbaik dan Eksotis di Bangka Belitung yang wajib anda kunjungi.

Tertarik berkunjung ke Wisata Pantai Pantai tersebut? Come and Explore Bangka Belitung Island!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares This